PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVELOPMENT (STAD) KELAS 7 E SMPN 02 TENGARAN

Authors

  • Iftita Maulida Universitas Negeri Semarang
  • Titien Supriyati
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hasil belajar, Keanekaragaman hayati Indonesia, Kooperatif Student Teams Achievement Development

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Kooperatif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Development) pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, langkah-langkah setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada kelas VII E SMP Negeri 2 Tengaran tahun ajaran 2022/2023 dengan 33 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari nilai pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Berdasarkan data analisis N-Gain terhadap peningkatan hasil belajar diperoleh data peningkatan pada siklus 1 sebesar 0,32 dengan kriteria sedang dan siklus 2 sebesar 0,43 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif dengan menerapkan Student Teams Achievement Development ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII E SMP Negeri 2 Tengaran.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles