PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY

Authors

  • Aulia Isatunada Universitas Negeri Semarang
  • Serafica Indriyani
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Augmented reality, Berpikir kritis, Problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui model Problem Based Learning berbantuan Augmented Reality. Penelitian dilakukan pada materi Bumi dan Tata Surya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 2 Ambarawa tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 34. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif deskriptif untuk menganalisis skor penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase peserta didik yang nilainya telah mencapai KKTP pada siklus 1 sebesar 76,47%. Sementara itu, pada siklus 2 presentase peserta didik yang nilainya telah mencapai KKTP meningkat sebesar 82,35%. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil keterampilan berpikir kritis siklus 1 adalah 78,14. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata hasil keterampilan berpikir kritis adalah 84,02. Adapun data analisis N-Gain terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis diketahui adanya perbedaan antara siklus 1 dan siklus 2, dimana nilai N-Gain siklus 1 sebesar 0,37 dalam kategori sedang sedangkan nilai N-Gain siklus 2 sebesar 0,53 dalam kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan Augmented Reality dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas VII F di SMP Negeri 2 Ambarawa.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles