PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI METODE PRAKTIKUM PADA KELAS VIII H SMP NEGERI 28 SEMARANG

Authors

  • Dwi Prasetyoningsih Universitas Negeri Semarang
  • Astuti Budi Lestari
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Minat, Peningkatan, Praktikum

Abstract

Minat belajar peserta didik kelas VIII H SMP N 28 Semarang masih rendah berdasarkan hasil observasi dan pengisian angket minat belajar pada pra siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menggunakan metode praktikum pada kelas VIII H. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari prasiklus, siklus I dan siklus ii dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII H SMP N 28 Semarang dengan jumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa persentase minat belajar peserta didik pada prasiklus sebesar 59,34% dengan kategori kurang, siklus I  sebesar 71,98% dengan kategori cukup dan pada siklus II sebesar 78,36% dengan kategori cukup. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu metode praktikum dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII H SMP N 28 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles