PENINGKATAN MINAT MEMBACA SISWA BERBANTUAN BAHAN AJAR FLIPBOOK PADA MATERI SISTEM TATA SURYA

Authors

  • Fanti Annisa Universitas Negeri Semarang
  • Suhartono Universitas Negeri Semarang
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang
  • Irsya Desmarita Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Flipbook, Minat baca, Sistem tata surya

Abstract

Data dari UNESCO yang diterbitkan pada Januari 2020, minat baca pada masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001% dari populasi keseluruhan masyarakat Indonesia. Rendahnya minat baca ini berpengaruh pada rendahnya kualitas pendidikan suatu negara dalam menuntut ilmu. Kebiasaan membaca ini perlu dilakukan agar kedepannya peserta didik dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang mumpuni. Proses ini dapat dilakukan dengan adanya bantuan guru. Bentuk tanggung jawab seorang guru dapat diaplikasikan dengan dengan berbantuan bahan ajar flipbook. Namun saat di lapangan, minat baca pada peserta didik SMP 15 Semarang tergolong masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya peserta didik yang tidak membawa buku pelajaran dan rendahnya mengunjungi perpustakaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dengan skala likert. Rerata peningkatan minat baca pada siklus 1 yaitu 73 dan siklus 2 yaitu 82. Hal ini mengalami peningkatan dari baik menjadi sangat baik. Perbedaan perlakuan menjadi faktor penting alasan pada siklus 2 ini mengalami perubahan. Pada pembuatan penelitian ini, perlu juga diadakan refleksi untuk mengetahui bagian bagian mana yang perlu diperbaiki. Refleksi yang ada adalah penggunaan buku yang kontennya bukan hanya sekedar materi tetapi diisi oleh soal soal yang menarik. Kedepannya buku elektronik ini bisa dikembangkan secara massive untuk kepentingan kemajuan minat baca di Indonesia.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles