PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOLOGI DI SMP NEGERI 8 SEMARANG

Authors

  • Irma Dhitasarifa
  • Anna Dyah Yuliatun Universitas Negeri Semarang
  • Erna Noor Savitri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Ekologi, Keterampilan Kolaborasi, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi ekologi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII B SMP Negeri 8 Semarang pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 33 orang terdiri dari 14 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode dokumentasi, tes, dan observasi. Metode observasi digunakan untuk mengamati keterampilan kolaboratif peserta didik. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif dengan indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik pada setiap siklusnya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I diperoleh hasil rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 56,21, dengan kategori cukup kemudian pada siklus II sebesar 68,79 dengan kategori baik dan pada siklus III sebesar 82,27 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi ekologi.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles