PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA SMP NEGERI 29 SEMARANG

Authors

  • Nurul Laili Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Atiningsih
  • Parmin Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Bernalar kritis, Pembelajaran IPA, Problem based learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena didasari kurangnya kemampuan bernalar kritis pada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model Problem Based Learning di kelas VII B SMP Negeri 29 Semarang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes uraian, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII B di SMP N 29 Semarang yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata kemampuan bernalar kritis siswa pada siklus 1 sebesar 60% dengan kriteria cukup kritis menjadi 76% pada siklus 2 dengan kriteria kritis. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa kelas VII B SMP NegeriĀ  29 Semarang pada pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles