PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATERI GERAK DAN GAYA DI KELAS VII C SMP NEGERI 21 SEMARANG

Authors

  • Wahyu Dina Saputri Universitas Negeri Semarang
  • Rachayuni
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpiki Kritis, Problem Based Learning, Quizizz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model Problem Based Learning berbantuan Quizizz untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPA materi Gerak dan Gaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 21 Semarang tahun ajaran 2022-2023. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus memiliki 2 kali pertemuan. Tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan (acting), pengamatan tindakan (observing), dan analisis data hasil pengamatan tindakan (reflecting). Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis yang terdiri dari tes pilihan ganda beralasan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Analisis data penelitian ini menggunakan N-Gain, dan juga analisis tanggapan siswa terkait media pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Quizizz dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII C SMP Negeri 21 Semarang tahun ajaran 2022-2023 pada materi Gerak dan Gaya. Hal ini terlihat dari pencapaian kemampuan berpikir kritis yang mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil rata-rata keterampilan berpikir kritis yang dicapai pada pra siklus adalah 74,40, pada akhir siklus 1 adalah 82,98, dan pada akhir siklus 2 menjadi 88,59. Nilai N-Gain pada Siklus 1 mendapatkan hasil sebsar 0,3 dengan kategori Sedang dan pada Siklus 2 mendapatkan hasil sebesar 0,6 dengan kategori Sedang. Selain itu jumlah siswa yang mendapatkan nilai minimal 80 pada Prasiklus sebesar 51,51%, pada siklus 1 jumlah siswa yang mendapatkan nilai minimal 80 sebesar 75,75% dan pada siklus 2 jumlah siswa yang mendapatkan nilai minimal 80 sebesar 93,93%. Hasil respon Angket tanggapan peserta didik didapatkan hasil sebesar 81,74% dengan kategori sangat efektif dalam penggunaan media Quizizz.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles