PENINGKATAN KEMAMPUAN RETENSI DAN MOTIVASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL GUIDED CONTEXT-PBL PADA MATERI EKOLOGI DI KELAS VII H SMP NEGERI 3 SEMARANG

Authors

  • Amalia Rahma Laila Zulfikar Universitas Negeri Semarang
  • Sri Rahayu
  • Erna Noor Savitri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Guided Context-Problem Based Learning, Motivasi, Retensi, Motivasi belajar

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran klasikal membuat tingkat kemampuan retensi dan motivasi siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Semarang cenderung kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan retensi dan motivasi siswa melalui penerapan model Guided Context-Problem Based Learning (GC-PBL) pada materi ekologi di kelas VII H SMP Negeri 3 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII H sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes retensi materi ekologi, lembar observasi, dan angket motivasi siswa. Hasil kemampuan retensi siswa pada pra tindakan memiliki rata-rata sebesar 63,59 (28%), siklus 1 sebesar 75,47 (65,6%), dan meningkat kembali pada siklus 2 dengan rata-rata 88,13 (91%). Analisis N-Gain terhadap kemampuan retensi siswa memperoleh kategori sedang pada siklus 1 maupun 2 dengan hasil secara berurutan sebesar 0,33 dan 0,57. Sementara untuk motivasi siswa pada pra tindakan memperoleh rata-rata sebesar 65 (kategori cukup), pada siklus 1 naik menjadi 81 (kategori baik), dan rata-ratanya mencapai 88 pada siklus 2 (kategori sangat baik). N-Gain siklus 1 dan 2 juga berkategori sedang, yaitu sebesar 0,44 dan 0,33. Hasil motivasi siswa melalui angket didukung dengan hasil observasi kegiatan siswa, dimana siklus 1 berkategori sedang dengan N-Gain 0,35 dan siklus 2 berkategori tinggi sebesar 0,73. Oleh karena itu, berdasarkan hasil tersebut, maka penerapan model Guided Context-Problem Based Learning (GC-PBL) pada materi ekologi di kelas VII H SMP Negeri 3 Semarang dapat meningkatkan kemampuan retensi dan motivasi siswa.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles