Pengembangan Instrumen Tes Penalaran Ilmiah Berbasis Inkuiri Terintegrasi Etnosains untuk Calon Guru Sekolah Dasar: Studi Analisis Kebutuhan

Authors

  • Siti Fatimah
  • Ani Rusilowati
  • Endang Susilaningsih

Abstract

Tes memiliki peran penting sebagai teknik evaluasi pembelajaran khususnya dalam mengukur pemahaman. Scientific reasoning skillmenjadi salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan di pendidikan abad 21. Untuk mengembangkan tes scientific reasoning skillberbasis inkuiri terintegrasi etnosains bagi calon guru sekolah dasar, penelitian ini fokus pada analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan yang dianalisis mencakup dua aspek yaitu perspektif calon guru sekolah dasar terhadap pengembangan tes scientificreasoning skill berbasis inkuiri terintegrasi etnosains dan analisis penggunaan alat evaluasi pembelajaran sains oleh pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kuesioner. Subjek penelitian adalah calon guru sekolah dasar yang berjumlah 50 responden. Teknik analisis data menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 100% responden menyatakan bahwa adanya pengembangan tes scientific reasoning skillberbasis inkuiri terintegrasi etnosains sangat penting dilakukan sebagai bentuk pengembangan keterampilan calon guru sekolah dasar di abad 21. Temuan ini memberikan rekomendasi bagi para pendidik sains dalam mengembangkan alat evaluasi yang relevan dengankebutuhan peserta didik.

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

Articles