EFEKTIVITAS PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL BERBASIS STEM DAN TIDAK BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Fikri Ahmad Kamal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan Pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathemathics) dan tidak berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang, dengan sampel 32 peserta didik kelas VIII I (sebagai kelompok eksperimen 1) dan 32 peserta didik kelas VIII E (sebagai kelompok eksperimen 2) di SMP Negeri 15 Semarang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sumber dan metode pengambilan data meliputi: observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, uji N-gain dan uji independen sample t test. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Non-equivalen Control Group Desain. Hasil penelitian dilihat dari uji independen sample t test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 menggunakan SPSS 27 for Windows yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan sehingga H0 ditolak dan H1 diterima serta hasil rata-rata N-gain pada kelompok eksperimen 1 yang sebesar 0,57 berkategori sedang sedangkan pada kelompok eksperimen 2 sebesar 0,41 berkategori sedang. Dengan ini penggunaan pendekatan TaRL berbasis STEM lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII dengan muatan pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

Articles