TREN PENELITIAN “EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT” DALAM PEMBELAJARAN KIMIA: BIBLIOMETRIK ANALISIS DALAM DUA DEKADE TERAKHIR (2004 – 2023)

Authors

  • Rahmat Rasmawan

Abstract

Studi ini mengkaji tren “Education for Sustainable Development (ESD)” dalam pembelajaran kimia selama dua decade (2004 – 2023). Kajian dilakukan dengan mencari dokumen database Scopus untuk dianalisis. Analisis bibliometric menggunakan softwere Biblioshiny dan VosViewer. Hasil yang diperoleh mengungkapkan bahwa kajian ESD dalam pembelajaran kimia mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari decade awal (2004 – 2013) ke decade terakhir (2014 – 2023). Berdasarkan penyebarannya, kajian ESD dalam pembelajaran kimia masih didominasi oleh negara maju seperti United States of America, Germany dan Canada. Afiliasi terbanyak yang mengkaji ESD dalam pembelajaran kimia adalah University of Bremen Germany. Jurnal yang paling banyak mengkaji ESD dalam pembelajaran kimia serta disitasi paling tinggi adalah Journal of Chemical Education. Penulis terkemuka sekaligus paling banyak disitasi adalah Eilks I. Kata kunci terkait tema ESD dalam pembelajaran kimia masih berpusat pada chemistry education, sustainability dan green chemistry. Tren topik kajian ESD yang berkembang antara lain green chemistry, environmental monitoring, environmental impact, climate change dan humans.

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

Articles