UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MIKRO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DIPADUKAN LESSON STUDY

Authors

  • Nur Efendi

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan perlu mempersiapkan kompetensi mahasiswa (calon pendidik/guru) yang bermutu sehingga dihasilkan peserta didik dengan kompetensi yang unggul. Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melaksanakan mata kuliah Pembelajaran Mikro (Microteaching) untuk mempersiapkan mahasiswa dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkompeten sebagai calon pendidik (guru). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisis hasil implementasi mata kuliah ini dengan model pembelajaran Think Pair Share Dipadukan Lesson Study (TPS+LS). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata ketuntasan hasil belajar (kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional). Indeks proporsi (P) Klasikal= 1,00 ≥ 0,85 dan indeks proporsi (P) individual= 0,86 ≥ 0,85, artinya ketuntasan klasikal dan individual tercapai dengan hasil kompetensi kategori baik, mahasiswa sebagai calon pendidik/guru dapat melaksanakan fungsi pembelajaran dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga peserta didik mampu berkompetisi secara akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa terhadap mata kuliah ini dengan rata-rata minat= 3,53 dan motivasi = 3,75 menunjukkan kategori baik, sehingga kompetensi mahasiswa dalam mengelola kegiatan belajar mengajar di kelas bisa kondusif dan optimal yang berdampak pada peningkatan kualitas peserta didik ketika menjadi pendidik/guru.

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

Articles