E-MODUL IPA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MODEL MENTAL SISWA
Abstract
Kemajuan teknologi telah membawa dampak signifikan dalam bidang pendidikan. Salah satu pendekatan yang diusulkan untuk memenuhi tantangan ini adalah penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, terutama dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21. Pemahaman siswa dalam pembelajaran dipengaruhi oleh model mental yang terbentuk melalui proses kognitif dan pengalaman hidup. Salah satu tantangan dalam pembelajaran IPA adalah kurangnya penekanan pada tingkat submikroskopis, yang mempengaruhi pemahaman siswa karena pembelajaran lebih terfokus pada tingkat makroskopis dan simbolik. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dengan mengkaji berbagai literatur jurnal nasional dan jurnal internasional dari sumber-sumber ilmiah yang relevan. Berdasarkan tinjauan literatur didapatkan hasil bahwa e-modul berbantuan Augmented Reality (AR) dapat dijadikan alternatif solusi untuk meningkatkan model mental siswa dalam memvisualisasikan konsep-konsep materi tingkat submikroskopis secara lebih jelas.