PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT PADA PEMBELAJARAN IPA: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS PUBLIKASI ANTARA 2014-2024
Abstract
Kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik pada proses pembelajaran IPA salah satunya adalah pembelajaran yang hanya berlandaskan buku teks dan pembelajaran yang tidak kontekstual. Model pembelajaran kontekstual yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah model pembelajaran REACT yang terdiri dari sintaks Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring. Model pembelajaran ini menuntun peserta didik untuk terlibat dalam aktivitas yang terus-menerus serta menalar dan menjelaskan gagasan mereka. Berdasarkan hal tersebut, artikel ini dibuat dengan tujuan mengkaji penerapan model REACT pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam menyusun artikel ini adalah tinjauan literatur sistematis berdasarkan kata kunci pembelajaran IPA dan model REACT dengan rentang tahun publikasi antara tahun 2014 hingga 2024. Kata kunci dimasukkan dalam mesin pencari di basis data Google Scholar dan ditemukan sebanyak 8 artikel yang paling relevan dengan topik yang dibahas. Berdasarkan hasil tinjauan literatur yang dilakukan, disimpulkan bahwa model pembelajaran REACT memiliki dampak positif terhadap aspek-aspek penilaian peserta didik mulai dari jenjang SD, SMP, maupun SMA. Aspek tersebut meliputi kemampuan berpikir kritis, kemampuan kolaborasi peserta didik, hasil belajar, hingga motivasi belajar. Namun, masih terdapat tantangan dalam penerapan model REACT pada pembelajaran IPA. Guru dituntut untuk dapat memanfaatkan waktu yang tersedia dan meningkatkan kesiapan dalam mengajar di kelas sehingga pembelajaran dapat berjalan efektif.