FLIPBOOK UNTUK MENDORONG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Dita Caysa Putri Wiyono
  • Dhiantika Najmi Auliana Ernawati

Abstract

Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa pada abad 21 ini. Oleh karena itu, guru perlu memilih dan menerapkan model pembelajaran yang tepat untuk menunjang kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah pada pembelajaran IPA. Model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media Flipbook menjadi salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar serta kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan artikel ini mendukung keefektifan flipbook dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPA. Hasilnya menunjukkan bahwa implementasi dari model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media flipbook secara efektif dapat menunjang kemampuan berpikir kritis serta meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

Articles