MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL REALITY
Abstract
Kemajuan zaman berdampak dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Saat ini peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan 4C, salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah untuk menghadapi pembelajaran di abad 21. Pemecahan masalah merupakan kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan dengan beberapa indikator yang dimiliki. Hingga saat ini masih banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari solusi efektif dari permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Problem Based Learning (PBL) menjadi salah satu solusi pembelajaran yang dinilai efektif untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran/pendekatan dalam pembelajaran yang berfokus pada peserta didik untuk memecahkan suatu masalah. Dalam beberapa materi IPA yang masih abstrak dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menampilkan konteks materi lebih realistis. Virtual reality merupakan teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu membuat pengguna seolah-olah berada dalam lingkungan virtual tersebut. Oleh karena itu, pembelajaran PBL berbantuan VR diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik terutama dalam materi yang masih abstrak. Tujuan dari penulisan artikel konseptual ini untuk mengkaji penerapan pembelajaran PBL berbantuan VR untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penulisan artikel menggunakan metode studi literatur dari jurnal nasional dan jurnal internasional, kemudian merancang ide/konseptual dari permasalahan yang ada. Berdasarkan beberapa sumber yang ditemukan,pembelajaran PBL dengan berbantuan VR dapat memudahkan peserta didik dalam memahami pembelajaran dan dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.