PENERAPAN PjBL DENGAN MEDIA PHET INTERACTIVE SIMULATIONS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ORISINALITAS DALAM MATERI KELISTRIKAN

Authors

  • Elvina Afery
  • Asma Amaniatul Ulya

Abstract

Perubahan zaman yang sangat pesat menghadirkan berbagai dampak positif maupun negative bagi kehidupan. Untuk menghadapi semua tantangan dan permasalahan di abad ke 21 ini, siswa harus menguasai ketrampilan khusus (soft skill) atau disebut kompetensi 4C. Kompetensi itu meliputi berpikir kritis (Critical Thinking), kemampuan bekerja sama dengan baik (Collaboration), kemampuan berkomunikasi (Communication), dan kreatif (Creativity). Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan orisinalitas siswa dalam berpikir kreatif melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan media Phet Interactive Simulations pada materi kelistrikan. PjBL mampu mengembangkan pemikiran kreatif siswa dengan menggunakan media Phet Interactive Simulations untuk merancangan desain rangkaian listrik seri dan pararel. Sintak pada model PjBL berisi tentang langkah-langkah detail untuk membuat produk rangkaian listrik seri dan pararel berdasarkan desain yang telah dibuat sebelumnya dalam Phet Interactive Simulations. Hasil dari PjBL ini berupa rangkaian listrik seri dan pararel dengan variasi dan keunikan bentuknya. Desain tersebut dibuat berdasarkan kreatifitas masing-masing siswa.

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

Articles