MODEL RADEC BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN IPA ABAD 21

Authors

  • Ravidah Devi Freani

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai peserta didik di era pendidikan abad 21.HOTS menjadi bekal bagi peserta didik untuk dapat terus eksis dalam menghadapi berbagai kemajuan IPTEK.Namun,pada prakteknya HOTS masih belum dikuasai secara optimal,banyak aspek yang melatar belakangi kendala tersebut diantaranya:kesalahpahaman guru terhadap model pembelajaran inovatif,tahapan pelaksanaan model pembelajaran yang sulit diingat dalam hal sintaksnya,sistem pembelajaran yang monoton pada penguasaan teori dan penyesuaian dengan kebutuhan peserta didik.Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah perlunya integrasi model dengan pendekatan yang relevan dan dapat mengakomodir keterampilan siswa secara nyata.Kombinasi antara model pembelajaran radec dengan Socio-Scientific Issue dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menangani problematika tersebut.Tujuan dari penulisan artikel konseptual ini,yaitu mengkaji peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik menggunakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) berbasis isu sosial-ilmiah pada Pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

Articles