UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERMUATAN ESD
Abstract
Salah satu tingkat berpikir tinggi siswa dalam metode belajar Project Based Learning adalah berpikir kreatif. Pada tahun 2018 hasil studi PISA menyatakan bahwa posisi Indonesia berada di peringkat 74 dari 79 negara. Hal ini mengindikasikan Indonesia masih perlu meningkatkan pembelajaran yang mengasah otak siswa salah satunya berpikir kreatif. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dapat dilakukan dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang bermuatan Education for Sustainable Development (ESD)pada peserta didik. PjBL adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, di mana mereka terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran melalui pengerjaan proyek-proyek nyata dan relevan. ESD adalah pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang diperlukan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan, menekankan keseimbangan antara pilar ekonomi, sosial, dan lingkungan.