UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI)
Abstract
Rendahnya kualitas literasi sains di Indonesia menjadi fokus utama dalam Pendidikan. Skor PISA literasi Indonesia pada tahun 2022 masih berada pada peringkat yang rendah dan masih jauh dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2024. Model dan metode pembelajaran sangat berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik, oleh karena itu diperlukan pemilihan model pembelajaran yang tepat. Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Pendekatan Saintifik Socio-scientific Issue (SSI) dapat menjadi salah satu Solusi untuk mengembangkan kemampuan literasi sains. Artikel konseptual ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Problem Based Learning I (PBL) berbasis Pendekatan Saintifik Socio-scientific Issue (SSI) sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan kemampuan literasi sains peserta didik. Hal ini dikarenakan metode tersebut menyajikan isu-isu sosial sains sebagai bahan kajian membuat peserta didik memiliki kemampuan melihat suatu isu sosial dari sudut pandang sains. Literasi sains sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam memahami suatu konsep sains dan menerapkanya dalam fenomena dalam kehidupan sehari-hari