UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN BERBASIS STEM-PJBL
Abstract
Pendidikan abad 21 atau dikenal dengan era revolusi industry 4.0 yang mempunyai kesinambungan dengan pemanfaatan teknologi digital dan kecakapan pembelajaran pada abad 21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA adalah dengan mengintegrasikan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) ke dalam Project Based Learning (PjBL). Pembelajaran STEM-PJBL yang berbasis proyek ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui aktivitas yang lebih interaktif. Proses pembelajaran PjBL terintegrasi STEM ini berpusat pada peserta didik, menerapkan konsep secara nyata, mendorong kolaborasi dan komunikasi, melbatkan penggunaan teknologi, dan diciptakan dalam lingkungan belajar yang mendukung dimana peserta didik merasa terbimbing dalam mengeksplor ide-ide yang baru. Oleh karena itu, PjBL-STEM dapat dijadikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang mereka butuhkan untuk menyelaraskan kemampuan di abad ke-21.