MELATIH KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN STRATEGI ARGUMENT MAPPING
Abstract
Komunikasi ilmiah adalah proses penyampaian informasi, ide, perasaan dan keterampilan menafsirkan sinyal untuk menghasilkan makna dalam interaksi sosial pada penelitian atau penyelidikan, khususnya dalam lingkungan akademik. Pembelajaran IPA terlebih pada materi ekosistem memerlukan pemantauan untuk meningkatkan pembelajaran sehingga diharapkan peserta didik dapat berpartisipasi aktif ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Argument mapping adalah suatu teknik yang dapat melatih siswa dalam berargumen ketika memaparkan hasil penelitian agar mendapatkan pengalaman menganalisis dan mengevaluasi standar argumentatif. Argument mapping menggambarkan struktur logis dalam bentuk kotak atau panah, dimana suatu argumen mendukung argumen lain yang berada di tempat terpisah. Melalui pemetaan ini, unsur-unsur argumen yang dibangun terlihat dengan jelas. Penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan argument mapping dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah pada peserta didik. Peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ini akan lebih efektif dalam menyampaikan penalaran dan argumentasi mereka terkait materi ekosistem.