MODEL RADEC BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN IPA ABAD 21
Abstract
HOTS merupakan keterampilan yang perlu dikuasai di era pendidikan abad 21.Pada pelaksanaanya HOTS masih belum dikuasai secara optimal,diantara penyebabnya karena kesalahpahaman guru terhadap model pembelajaran inovatif,tahapan pelaksanaan model pembelajaran yang sulit diingat dalam hal sintaksnya,sistem pembelajaran yang monoton pada penguasaan teori dan penyesuaian dengan kebutuhan peserta didik.Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah perlunya integrasi model dengan pendekatan yang relevan.Kombinasi antara model pembelajaran radec dengan Socio-Scientific Issue dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menangani kesulitan tersebut.Tujuan dari penulisan artikel konseptual ini,yaitu mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) berbasis isu sosial-ilmiah pada Pembelajaran IPA.