Media Pictorial Riddle untuk Pembelajaran IPA berbasis Inquiry untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Authors

  • Nazzala Hurin Talitha Aflah
  • Tirta Restu Sabrina

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diperlukan adanya keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kritis merupakan sebuah kompetensi penting di abad ke-21. Artikel ini mengeksplorasi penggunaan model pembelajaran inquiry dan media Pictorial Riddle untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPA. Media Pictorial Riddle, yang mengintegrasikan literasi visual dalam pembelajaran, memfasilitasi pemahaman konsep IPA yang abstrak dan mikroskopis melalui analisis gambar. Studi literatur yang dilakukan menunjukkan bahwa media Pictorial Riddle berbasis Inquiry ini lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, dengan siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan signifikan dalam tes berpikir kritis. Hasil ini menegaskan pentingnya metode pembelajaran interaktif dan visual dalam mengasah keterampilan berpikir kritis siswa, yang esensial dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Downloads

Published

2024-08-07

Issue

Section

Articles