Modul Berpendekatan STEM berbasis EDP Terintegrasi AR sebagai Upaya Pengoptimalan Berpikir Kritis Peserta Didik
Abstract
Salah satu tuntutan pembelajaran abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Dari hasil beberapa penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan tersebut masih rendah. Hal ini ditinjau dari penggunaan bahan ajar serta cara penyampaian materi yang kurang menarik. Sehingga mengakibatkan peserta didik merasa bosan dan mengalami penurunan prestasi belajar. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan pemberian bahan ajar berupa modul. Modul yang dirancang dengan menggunakan pendekatan STEM berbasis (Engineering Design Process) EDP yang terintegrasi Augmented reality (AR) sebagai upaya pengoptimalan kemampuan berpikir kritis. Menyajikan materi pembelajaran yang kontekstual dan menarik bagi peserta didik, dengan tahapan pembelajaran dari EDP dengan memanfaatkan fitur Augmented reality (AR) untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif. Hasil dari modul ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran di bidang STEM dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.