PBL BERBANTUAN GAMIFIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Aida Fitriana
  • Dini Indriyani

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis peserta didik dalam memahami materi sistem pencernaan dengan memanfaatkan metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan masalah sebagai basisnya (PBL) yang didukung oleh gamifikasi menggunakan platform Wordwall. Dalam konteks pembelajaran IPA, partisipasi aktif peserta didik dapat terjadi sebagai bagian dari proses pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk memecahkan masalah autentik yang berkaitan dengan sistem pencernaan manusia. Pada proses ini, model PBL yang terstruktur digunakan untuk memandu peserta didik dalam penyelidikan mandiri atau kelompok, pengembangan solusi, dan presentasi hasil penyelidikan mereka. Selain itu, penggunaan gamifikasi melalui platform Wordwall memberikan variasi dalam penyajian materi pembelajaran, melibatkan peserta didik dalam permainan edukatif yang menarik dan interaktif, serta memberikan insentif dalam bentuk leaderboard untuk mendorong refleksi diri dan pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian membuktikan bahwa kombinasi antara PBL dan gamifikasi Wordwall meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berpikir secara kritis terkait pemahaman konsep sistem pencernaan, hal ini sesuai dengan indikator berpikir kritis yang meliputi Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview. Oleh sebab itu, pendekatan tersebut dapat dijadikan alternatif efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA serta memperkuat pemahaman konsep peserta didik dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles