MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN MONOPOLI

Authors

  • Diva Fitria Ariyanti
  • Anggi Paramitha Sulfanjanti

Abstract

Kemampuan berpikir kritis menjadi bagian dari empat kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik pada Abad 21. Namun ternyata, kurangnya kemampuan berpikir kritis masih menjadi masalah yang memprihatinkan hingga saat ini, beberapa permasalahan terjadi dikarenakan kurang maksimalnya model pembelajaran. Pembelajaran IPA menuntut kemampuan berpikir tinggi agar dapat menguraikan suatu permasalahan dalam kehidupan. Materi sistem pencernaan menjadi satu diantara materi yang membutuhkan pemahaman konsep IPA dan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan suatu fenomena di kehidupan, seperti pada masalah gangguan pencernaan. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dari peserta didik yang dapat dioptimalkan oleh Problem Based Learning berbantuan permainan monopoli sebagai media pembelajaran. Hasil dari penulisan artikel ini, adanya Problem Based Learning dapat membantu mengoptimalkan berpikir kritis peserta didik yang sebelumnya kurang berkembang dikarenakan kurang maksimalnya model pembelajaran. Selain itu, melalui model tersebut peserta didik dapat mengidentifikasi terkait masalah gangguan pada sistem pencernaan. Dukungan dari media permainan monopoli dapat memaksimalkan proses penguasaan berpikir kritis dengan membantu memvisualisasikan organ-organ serta tahapan pada sistem pencernaan. Problem Based Learning berbantuan permainan monopoli ini mendukung optimalisasi berpikir kritis karena adanya keterkaitan antara lima indikator berpikir kritis.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles