EDUGAMES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA SMP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Authors

  • Ghaniya Latifa Nurrahma
  • Arisamiya Latifa Az-Zahra

Abstract

Pendidikan IPA di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Kurangnya perhatian terhadap pembelajaran yang berorientasi pada pemahaman konsep dan pengembangan keterampilan proses sains telah menyebabkan rendahnya penguasaan keterampilan proses sains di kalangan peserta didik SMP. Sebagai solusi, penggunaan metode pembelajaran inovatif seperti model pembelajaran Guided Inquiry dengan media pembelajaran edugames, khususnya smart card, menjadi alternatif yang menjanjikan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dalam materi klasifikasi makhluk hidup. Dengan pendekatan ini, diharapkan peserta didik dapat lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, memperdalam pemahaman konsep IPA, serta mengembangkan keterampilan proses sains secara holistik dan bermakna.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles