BATIK-EDU: E-MODUL ETNOSAINS BATIK BAKARAN UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK
Abstract
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan pada abad ke-21 membawakan manfaat kepada pembelajaran IPA. Dalam proses pembelajaran IPA diperlukan proses penalaran yang kompleks dikarenakan IPA melibatkan permasalahan yang kompleks dan kontekstual. Pembelajaran IPA akan menumbuhkan keterampilan literasi sains melalui integrasi budaya bangsa. Berdasarkan pernyataan tersebut, artikel ini bertujuan untuk mengkaji implementasi media pembelajaran e-modul IPA berbasis etnosains batik Bakaran khas Pati yang berkaitan dengan materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan untuk menulis artikel ini adalah kajian literatur dari literatur review mengkaji jurnal nasional dan jurnal internasional dari sumber database artikel literasi sains di Indonesia, menelaah potensi e-modul berbasis etnosains batik sebagai solusi permasalahan, merumuskan tahapan pembuatan dan penggunaan e-modul ,serta memberikan kesimpulan terkait ulasan dalam artikel ini. Batik-Edu dikembangkan sebagai modul elektronik berbasis etnosains batik Bakaran untuk memberikan pengalaman pembelajaran IPA interaktif dengan bantuan Flipbook dapat menumbuhkan literasi sains peserta didik.