Penggunaan STEM Worksheet Sebagai Upaya Melatih kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Tasya Dwi Artika
  • Kintan Alifia Widiani

Abstract

Kemampuan berpikir kritis menjadi kunci penting dalam era modern, namun tantangan besar terletak pada kesulitan siswa di Indonesia dalam mengembangkan kemampuan ini, khususnya dalam memahami konsep IPA seperti suhu dan perubahan. Dalam mengatasi permasalahan ini, penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM dan pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) telah menjadi fokus utama. Melalui analisis artikel, disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis STEM dipadu PBL memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep ilmiah dan keterampilan berpikir kritis. Dukungan teknologi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan pembelajaran STEM dan membantu siswa dalam memecahkan masalah serta menghasilkan produk yang kreatif. Implementasi model pembelajaran berbasis Problem Based Learning STEM di sekolah menengah telah terbukti memberikan dampak positif terhadap pembelajaran IPA dan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, strategi ini dapat dianggap sebagai solusi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia, seiring dengan tuntutan zaman yang semakin kompleks. Metode yang digunakan penulisan artikel ini dengan pendekatan literature review.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles