AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN CRITICAL THINKING SISWA SMP

Authors

  • Umi Rahmawati
  • Khaerani Firda Salimah

Abstract

Memasuki abad 21, kemajuan teknologi dan sains meningkat pesat yang menyebabkan keduanya tidak dapat dipisahkan. Sehingga menjadikan adanya tuntutan di dunia pekerjaan yaitu mewajibkan memiliki suatu kemampuan yang dibutuhkan didunia pekerjaan. Kemampuan tersebut yaitu kemampuan 4C, salah satunya yaitu Critical Thinking. Kemampuan Critical Thinking ini sangat penting karena sebagai persiapan untuk menghadapi dunia pekerjaan dan khususnya dapat mempermudah dalam memahami pembelajaran di jenjang yang sedang ditempuh, contohnya pada jenjang SMP. Pembelajaran IPA yang mengaplikasikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Augmented Reality bertujuan untuk memberikan wadah supaya peserta didik dapat menumbuhkan kemampuan Critical Thinking. Pada penelitian ini menggunakan metode literature review yaitu dengan mengkaji dari literatur jurnal internasional serta jurnal nasional pada website (Scopus, Shinta, dan Google Scholar) dan dari berbagai sumber ilmiah lain yang relevan. Menurut hasil literature review yang dikaji bahwa pembelajaran IPA menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Augmented Reality dapat digunakan sebagai solusi unutk meningkatkan kemampuan Critical Thinking peserta didik, khususnya peserta didik jenjang SMP.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles