UPAYA PENGUATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK SMP MELALUI PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI SCRATCH

Authors

  • Laely Nur Istiqomah
  • Feti Annisa Putri

Abstract

Terjadinya perkembangan pendidikan yang pesat di abad ke-21 menuntut agar peserta didik memiliki keterampilan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration and Creativity). Salah satu keterampilan penting adalah kolaborasi yang memungkinkan individu untuk bekerja sama efektif dalam menyelesaikan tugas dan mengatasi masalah yang ada di sekitar. Untuk memenuhi kebutuhan akan keterampilan tersebut maka diterapkan pembelajaran inovatif seperti Project Based Learning (PjBL) melalui pemanfaatan media game menggunakan aplikasi Scratch yang dibutuhkan untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia.Dalam PjBL dengan adanya proyek-proyek yang menarik dan kontekstual memungkinkan siswa untuk belajar dan bekerja sama dalam tim. Dengan menambahkan media game Scratch ke dalam model pembelajaran ini, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan pemrograman dan desain game sambil menguatkan konsep materi yang ada. Peserta didik menunjukan kemampuan yang lebih baik dalam keterampilan teknis mereka dan juga terdapat pengembangan keterampilan sosial yang penting untuk masa depan mereka. Penerapan pembelajaran berbasis proyek menggunakan media game scratch memiliki efektivitas yang baik terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles