PROFIL PENGAJAR PERGURUAN TINGGI DALAM MELAKSANAKAN KINERJA PENELITIAN

Authors

  • Budi Astyandini
  • Suwito Eko Pramono
  • Arief Yulianto
  • RR Endang Sri Pudjiastuti

Abstract

Pengajar diperguruan tinggi memiliki peran penting sebagai sumber daya manusia di institusi pendidikan. Peran penting Pengajar atau dosen sebagai seorang profesional adalah melaksanakan penelitian. Kinerja penelitian didasari aturan yang ditetapkan tiap institusi dalam mendukung visi misi institusi. Pengelola institusi pendidikan perlu menilai semua dimensi kinerja penelitian dosen untuk meningkatkan kinerja penelitian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui profil kinerja penelitian dosen di jurusan kebidanan meliputi kualitas, kemampuan, kuantitas, kerjasama, tanggung jawab serta kemandirian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan google form. Responden adalah 79 dosen mengajar di jurusan kebidanan Kemenkes Poltekkes Semarang, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kinerja penelitian dosen dalam kategori sedang, dimensi yang paling rendah pada kerja sama ( 2,97%). Kinerja penelitian dosen perlu dikembangkan untuk melakukan kerja sama penelitian didalam tim dan penelitian kerjasama diluar institusi. Beberapa dosen merasa kesulitan melakukan penelitian bersama dengan institusi lain karena pembatasan standar akreditasi. Kami menyarankan agar kinerja penelitian dosen perlu ditingkatkan dengan menambah kerjasama institusi pendidikan dengan institusi lain yang memiliki akreditasi Unggul serta institusi pendidikan di luar negeri, meningkatkan kemampuan dosen dengan pendampingan dari dosen yang telah memiliki pengalaman dengan yang kurang memiliki pengalaman, pedoman penelitian dan monitoring evaluasi mulai awal penyusunan proposal.

Downloads

Published

2024-08-08

Issue

Section

Articles