ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP JUJUR SISWA SMA
Abstract
Penelitian berjudul Analisis kebutuhan pengembangan instrumen penilaian sikap jujur siswa SMA pada pelajaran Akhlak bertujuan menganalisa kebutuhan SMA Plus Al-Fatimah Bojonegoro. Peneliti menggunakan metode deskriptif. Pertama peneliti melakukan observasi subjek penelitian, wawancara, analisis model penilaian semester gasal 2022 yang digunakan, analisis muatan materi sikap jujur siswa, memformulasikan kebutuhan-kebutuhan bagi SMA Plus Al-Fatimah. Tahap observasi peneliti melakukan pengamatan subjek penelitian di Bojonegoro. Hasil observasi berupa photo subjek penelitian. Wawancara dilakukan dengan sumber primer, pengasuh pesantren modern Al-Fatimah, kepala sekolah, guru bagian kurikulum, guru bidang studi akhlak. Hasil wawancara kepada Kepala Sekolah dan bagian kurikulum ditemukan penilaian sikap secara umum menggunakan model penilaian jurnal berdasar pengamatan dari setiap guru bidang studi, tanpa adanya instrumen baku. Wawancara dengan guru pelajaran akhlak ditemukan muatan-muatan pelajarannya sangat menekankan pentingnya bersikap jujur terhadap siapapun.