PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIO- SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP SCIENTIFIC LITERACY SKILLS SISWA
Abstract
Rendahnya tingkat literasi sains di kalangan pelajar Indonesia telah menjadi kekhawatiran bagi para pendidik serta pemerintah. Literasi sains adalah keterampilan penting yang harus dimiliki peserta didik di abad ke-21, karena memungkinkan mereka memahami dan terlibat dengan dunia di sekitar mereka. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa literasi sains berkorelasi positif dengan prestasi akademik dan kesuksesan karir di masa depan. Meskipun literasi sains sangatlah penting, terdapat kesenjangan yang signifikan dalam tingkat literasi sains di antara pelajar Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model dan pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan scientific literacy skills siswa melalui metode kajian literatur sistematis. Hasil dari sintesis literatur menunjukkan Problem Based Learning (PBL) berbasis Socio Scientific Issues (SSI) muncul sebagai solusi efektif dalam meningkatkan scientific literacy skills siswa. Model pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk mengaitkan konsep sains dengan situasi dunia nyata, mempromosikan pemikiran kritis, dan meningkatkan keterampilan penalaran ilmiah.