PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS PUBLIKASI ANTARA 2019 – 2024

Authors

  • Ika Susilowati
  • Novi Ratna Dewi
  • Prasetyo Listiaji

Abstract

IPA merupakan salah satu pengetahuan sistematis dan dirumuskan yang berkaitan dengan fenomena alam yang mencakup fakta, prinsip, dan ide-ide melalui pengamatan ilmiah. Namun, dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) saat ini, terdapat permasalahan yang perlu diatasi, dimana banyak siswa merasa kesususahan dalam memahami pelajaran IPA karena berkaitan dengan ide – ide dan teori yang cenderung sulit dipahami secara konkrit atau bersifat abstrak. Model pembelajaran Guided Inquiry merupakan jenis pembelajaran yang mana guru memberikan bimbingan menyeluruh kepada siswa. Hal ini menuntut siswa untuk menentukan suatu konsep melalui kegiatan inkuiri, dan memungkinkan siswa berpartisipasi dalam pembelajaran dengan baik sehingga siswa mampu memecahkan permasalahannya sendiri. Tujuan utama dari review artikel ini adalah guna mengeksplorasi penelitian terdahulu tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dari tahun 2019-2024. Metode penelitian yang dilakukan dengan memperluas pencarian informasi yang seluas – luasnya dari jurnal internasional, nasional, dan nasional terakreditasi. Untuk memperbanyak pencarian artikel maka digunakan pencarian berbantuan software publish or perish. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Inquiry secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami konsep-konsep ilmiah yang diajarkan dalam mata pelajaran IPA, terutama dalam era globalisasi yang menuntut kemampuan adaptasi dan pemecahan masalah yang kompleks. Maka dari itu, model pembelajaran inquiri terbimbing memberikan pengaruh positif dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-08-15

Issue

Section

Articles