UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERPENDEKATAN LINGKUNGAN
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan 4C (Critical thinking, Creative, Collaboration, Communication). Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran IPA karena mendorong peserta didik untuk memahami konsep IPA secara mendalam, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam mempelajari IPA, serta mengembangkan kemampuan berpikir logis dan rasional. Namun keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA masih cukup rendah dikarenakan metode pembelajaran yang kurang efektif. Sehingga diperlukan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dan efektif dalam melaksanakan pembelajaran. Salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Lingkungan. Dengan metode Problem Based Learning dan pendekatan lingkungan, peserta didik dapat secara langsung belajar dengan pemecahan masalah secara nyata. Peserta didik tidak hanya belajar konsep-konsep IPA secara teoritis, tetapi juga dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut untuk memecahkan masalah nyata terkait isu lingkungan di sekitar mereka, sekaligus menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.