PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN INTERACTIVE E-MODULE UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS SISWA SMP
Abstract
Guru memegang peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dan tercapainya kompetensi abad 21. Kemampuan berpikir kritis termasuk dalam kompetensi abad 21. Maka, guru diharapkan mampu mendorong, membimbing dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Problem Based Learning (PBL) atau model pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan untuk mencapai kompetensi abad 21. Penelitian ini memiliki suatu tujuan yaitu untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan E-Modul terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan dilandaskan kepada tujuh cara mencari literatur, mulai dari menetapkan tujuan penulisan, lalu memilih sumber basis data, menentukan kata kuncinya, melakukan pencarian literatur, serta menetapkan kualifikasi inklusi bagi artikel dengan relevan. Artikel ditentukan berdasarkan ciri inklusi beserta sintesis dari lima jurnal internasional dan lima jurnal nasional. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran berbasis masalah memiliki potensi berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.