EFEKTIVITAS MODEL PESMIR BERBANTUAN APLIKASI TRACKER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU FISIKA DI INDONESIA
Abstract
Kompetensi profesional berorientasi pada pemahaman konsep dapat ditinjau dari multiple representations. Peningkatan kompetensi profesional calon guru fisika di Indonesia perlu dilakukan melalui model pembelajaran yang tepat. PESMIR merupakan model PjBL terintegrasi Ethnoscience, STEAM, dan Multiple Intelligences-Representations. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menentukan efektifitas model PESMIR berbantuan aplikasi Tracker dalam meningkatkan kompetensi profesional calon guru fisika pada mata kuliah Fisika Lingkungan; 2) Menentukan korelasi antara penerapan model PESMIR berbantuan aplikasi Tracker, dan model PESMIR tanpa aplikasi Tracker; 3) Menentukan signifikansi perbedaan antara hasil tes kompetensi profesional dengan penerapan model PESMIR berbantuan aplikasi Tracker, dan model PESMIR tanpa aplikasi Tracker; dan 4) Menentukan seberapa besar pengaruh model PESMIR berbantuan aplikasi Tracker terhadap peningkatan kompetensi profesional calon guru fisika pada mata kuliah Fisika Lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan Quasi-Experimental Design dengan Posttest-Only Design with Nonequivalent Groups. Sebanyak 200 data dianalisis, terdiri dari 100 data kelompok kontrol dan eksperimen. Data diolah dengan Software SPSS 21.0, dan Effect Size Calculator (Cohen’s D) for t-test. Analisis data menggunakan uji N-gain untuk menentukan efektivitas; uji Paired Sample t-test untuk menentukan statistik deskriptif, korelasi, dan perbedaan signifikansi model; uji Effect Size Cohen’s untuk menentukan seberapa besar pengaruh model PESMIR berbantuan aplikasi Tracker terhadap hasil tes kompetensi profesional. Ditemukan bahwa skor N-gain (0,7629) dan persentase N-gain (76,2861) data berdistribusi normal melalui Kolmogorov-Smirnov test, data homogen melalui Levene’s test, korelasi sig. 0,649 > 0,05, perbedaan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, dan pengaruh (Effect Size) = 0,514602. Simpulan, model PESMIR berbantuan aplikasi Tracker efektif meningkatkan kompetensi profesional; tidak terdapat hubungan antar model; terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kompetensi profesional dengan penerapan model PESMIR berbantuan Tracker, dan model PESMIR tanpa aplikasi Tracker; besar pengaruh penerapan model PESMIR berbantuan aplikasi Tracker terhadap peningkatan hasil kompetensi profesional calon guru fisika dalam mata kuliah Fisika Lingkungan berada pada kategori sedang.