PENGEMBANGAN BUKU AJAR KONSEP DASAR IPA BERBASIS ETHNO-STEM INTEGRATED ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BERKELANJUTAN CALON GURU
Keywords:
Argument-Driven Inquiry; Buku ajar; Ethno-STEM; Literasi berkelanjutanAbstract
Education for sustainable development merupakan pendidikan yang penting untuk dikenalkan di perguruan tinggi dalam upaya mencapai tujuan berkelanjutan (SDGs). Pendidikan tinggi membantu mahasiswa menjadi agen perubahan untuk memiliki keterampilan yang berkelanjutan dalam menghadapi tantangan global khususnya kompleksitas permasalahan lingkungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar konsep dasar IPA berbasis Ethno-STEM integrated Argument-Driven Inquiry (ESI-ADI) untuk meningkatkan literasi berkelanjutan calon guru. Penelitian menggunakan R&D dengan model ADDIE. Penelitian menggunakan tujuh ahli untuk menilai kevalidan dari buku ajar. Subjek penelitian dilakukan kepada mahasiswa PGMI dengan jumlah 25. Desain penelitian dilakukan dengan menggunakan desain pre-experiment (one group pretest-posttest design). Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t (paired sample t-test). Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa: 1) buku ajar berbasis ESI-ADI dinyatakan valid dengan rata-rata skor sebesar 4,83; 2) buku ajar ESI-ADI dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata persentase sebesar 91,07%; 3) buku Ajar ESI-ADI terbukti dapat meningkatkan literasi berkelanjutan calon guru dengan nilai N-Gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang; 4) Pembelajaran IPA dengan buku ajar berbasis ESI-ADI terbukti efektif mempengaruhi literasi berkelanjutan mahasiswa dengan nilai signifikansi <0,05.