PROBLEM SOLVING LABORATORY DALAM PENDIDIKAN SAINS: SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
Keywords:
Problem Solving Laboratory; Pendidikan Sains; Keterampilan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis penerapan Problem Solving Laboratory (PSL) dalam pendidikan sains sebagai pendekatan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa, yang dianggap penting dalam menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad 21. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui identifikasi dan analisis artikel dari database seperti Scopus dan Google Scholar menggunakan kata kunci “problem solving laboratory”, “science education”, dan “problem solving skills”. Dari 10 artikel yang lolos seleksi, ditemukan bahwa PSL secara konsisten mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam merumuskan masalah, merancang dan mengevaluasi eksperimen, serta merefleksikan proses pemecahan masalah secara ilmiah. PSL juga terbukti mendorong keterlibatan aktif siswa dan penguatan kerja kolaboratif dalam konteks laboratorium. Hasil ini menunjukkan bahwa PSL merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam pendidikan sains, sehingga penting untuk diintegrasikan dalam kurikulum serta didukung oleh pelatihan guru yang memadai. Selain itu, pengembangan lebih lanjut dalam bentuk laboratorium digital atau virtual direkomendasikan guna memperluas jangkauan dan efektivitas implementasi.