DISKURSUS MULTI REPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN SAINS: PENDEKATAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN METODE SLR
Keywords:
Diskursus Multi Representasi (DMR); Berpikir Kritis; Pembelajaran Sains;Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Fokus utama dari studi ini adalah melakukan pemetaan dan analisis terhadap perkembangan kajian mengenai diskursus multi representasi dalam pembelajaran sains sebagai sebuah pendekatan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Temuan ini menguatkan bahwa model pembelajaran yang berbasis multi representasi dan melibatkan interaksi diskursif dapat menjadi pendekatan strategis dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, terutama dalam mata pelajaran sains yang menuntut pemahaman konsep secara kompleks.bahwa model Diskursus Multi Representasi (DMR) memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran sains.