PENGARUH TEACHING AT THE RIGHT LEVEL BERBASIS MASALAH TERHADAP PROBLEM SOLVING SKILL IPA DAN SELF-EFFICACY SISWA SD KELAS V

Authors

  • Shintia Rahmawati Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Ika Maryani Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Keywords:

Pembelajaran IPA, problem solving skill, self-efficacy, teaching at the right level.

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan problem solving skill IPA dan self-efficacy siswa. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah serta memiliki self-efficacy yang rendah, sehingga menghambat pemahaman mereka terhadap konsep-konsep IPA. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini adalah Teaching at The Right Level berbasis masalah, yang memungkinkan siswa belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan TaRL berbasis masalah terhadap problem solving skill IPA dan self-efficacy siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi- experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian yaitu kelas eksperimen menggunakan pendekatan TaRL berbasis masalah dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test serta paired sample t-test untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Teaching at The Right Level berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap problem solving skill IPA dan self-efficacy siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada Problem Solving Skill IPA dan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 pada Self-Efficacy Siswa. Dimana nilai Sig. (2-tailed) tersebut < 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran TaRL berbasis masalah terhadap problem solving skill IPA dan self-efficacy siswa SD kelas V.

Downloads

Published

2025-08-04

Issue

Section

Articles