PENGEMBANGAN BOARD GAME NALABIM (NAVIGASI BELAJAR PERUBAHAN IKLIM) SEBAGAI UPAYA MITIGASI BENCANA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Perubahan Iklim, Mitigasi Bencana, Board Game, Augmented Reality, Pendidikan Sekolah DasarAbstract
Perubahan iklim merupakan isu global yang berdampak luas, termasuk meningkatkan risiko bencana alam. Indonesia sebagai negara rawan bencana memerlukan strategi mitigasi yang efektif, terutama melalui pendidikan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mendeskripsikan, dan menganalisis kualitas media pembelajaran yaitu Board Game NALABIM (Navigasi Belajar Perubahan Iklim), sebagai alat edukasi mitigasi bencana akibat perubahan iklim. Media ini dirancang agar lebih interaktif dengan integrasi teknologi Augmented Reality (AR). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil validasi oleh ahli materi, media, pembeajaran, dan bahasa dengan rata rata nilai akhir 86,7%, menunjukkan bahwa Board Game NALABIM memiliki kualitas yang baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan penilaian guru dan respon siswa sekolah dasar dengan rata-rata nilai akhir 92,5%, menunjukkan bahwa media ini memiliki kualitas sangat baik. Respon siswa dan guru terhadap Board Game NALABIM juga menunjukkan antusias siswa saat belajar dan interaksi yang lebih aktif selama proses pembelajaran. Berdasarkan data tersebut, Board Game NALABIM dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan memiliki kualitas yang sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.