PENGEMBANGAN MEDIA E-MAGAZINE PERILAKU KOMODO (Varanus komodoensis) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Rita Istiana Universitas Pakuan, Bogor
  • Denisa Eka Putri Universitas Pakuan, Bogor
  • Teguh Prasetyo Universitas Pakuan, Bogor

Keywords:

ADDIE; E-Magazine; Motivasi belajar; Perilaku Komodo

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran interaktif mengenai perilaku hewan, khususnya Komodo (Varanus komodoensis), menjadi tantangan dalam pembelajaran biologi dan penyadaran konservasi.. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e- magazine yang membahas perilaku komodo (V. komodoensis) sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian meliputi validasi media, angket kuesioner, serta angket respon pengguna. Teknik analisis data dilakukan secara mix-method, yaitu analisis kualitatif untuk identifikasi kebutuhan dan analisis kuantitatif untuk mengukur kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa materi perilaku hewan perlu dikembangkan dalam bentuk media digital interaktif agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Validasi ahli terhadap media e-magazine menunjukkan tingkat kelayakan yang sangat tinggi dengan skor 93 dari ahli media dan 95 dari ahli materi. Implementasi media dalam pembelajaran menghasilkan peningkatan motivasi belajar dengan skor N-Gain sebesar 0,5. Evaluasi dari guru dan siswa menunjukkan respons yang sangat positif dengan skor kepuasan 98. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan e-magazine sebagai media pembelajaran dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi, khususnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap perilaku hewan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah pengembangan fitur interaktif yang lebih kompleks serta integrasi dengan teknologi berbasis Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR) untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa.

Downloads

Published

2025-08-04

Issue

Section

Articles