IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X

Authors

  • Annisa Annisa Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Yuni Hartati Eliya Rosa Magister Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
  • Effendi Nawawi Departemen Pendidikan Kimia, Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Novitalia Ablinda Sari SMA Negeri 5 Palembang, Palembang

Keywords:

Hasil Belajar; PTK Kolaboratif; TaRL.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 5 Palembang melalui implementasi model problem based learning dengan pendekatan teaching at the right level (TARL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif melalui proses pembelajaran di kelas. Teknik pengolahan data kuantiatif melalui pre test dan post test sedangkan data kualitatif melalui hasil pengamatan kegiatan belajar peserta didik. Hasil PTK kolaboratif diperoleh dari hasil belajar pada prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan nilai rata – rata hasil belajar kimia peserta didik yang meningkat yaitu prasiklus yaitu 60, siklus I yaitu 73, dan siklus II yaitu 85. Tingkat kemampuan kognitif peserta didik mengalami peningkatan pada prasiklus hanya 6% pada kategori mahir dan meningkat pada siklus I dan II menjadi 9% dan 54%. Melalui penelitian Tindakan kelas kolaboratif menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan TARL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas X1 SMA Negeri 5 Palembang pada mata pelajaran kimia.

Downloads

Published

2025-08-04

Issue

Section

Articles