PERKEMBANGAN KECERDASAN BUATAN (AI) DALAM PEMBELAJARAN TERMODINAMIKA: EFEKTIF ATAU KONSUMTIF?

Authors

  • Abdel Aziiz Bouteplika Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang
  • Sri Mulyanti Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang

Keywords:

AI pembelajaran; kecerdasan buatan; termodinamika; tantangan

Abstract

Kecerdasan buatan (AI) merupakan perkembangan teknologi yang sangat mempermudah pekerjaan semakin mudah agar menghemat energi yang dikeluarkan. Tak terkecuali bidang pembelajaran juga mengalami perkembangan yang sangat signifikat. Termodinamika merupakan cabang ilmu kimia yang pembelajarannya dikenal kompleks dan abstrak. Dengan adanya perkembangan seperti AI, pembelajaran termodinamika dapat berjalan lebih ringkas dan jelas. Karya tulis ini akan mengkaji dan mengevaluasi seberapa besar efek dari perkembangan AI dalam memahami konsep termodinamika. Apakah akan lebih efektif atau akan memancing sifat konsumtif yang berlebihan.Kajian ini disusun melalui analisis literatur dan studi kasus dalam implementasi AI pada perkembangan pembelajaran. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa penggunaan AI dapat saja membantu para siswa untuk memahami materi secara real-time dan adaptif. Akan tetapi, penggunaan AI yang terlalu berlebihan dan menyampingkan elemen pembelajaran lain dapat menyebabkan ketergantungan dan menurunkan daya kritis dari siswa. Oleh karena itu, AI dapat digunakan sebatas alat pembantu yang digunakan untuk mengembangkan pengetahuan yang mempertimbangkan etika dalam penggunaan teknologi.

Downloads

Published

2025-08-04

Issue

Section

Articles