OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METAFORA

Authors

  • Ahmad Fauzi Pendidikan Doktor Pendidikan IPA UNNES, Semarang,Pendidikan Fisika FKIP UNS, Surakarta

Keywords:

Fisika; metafora; pembelajaran

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, pembelajaran lintas ilmu semakin banyak dilakukan oleh berbagai institusi pendidikan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Salah satunya ilmu bahasa dan ilmu sains. Bahasa memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam mendukung perkembangan ilmu pengetahuan karena bahasa adalah alat utama untuk mengomunikasikan ide dan informasi. Salah satu contoh penerapan bahasa yang menarik adalah penggunaan metafora dalam pembelajaran sains, khususnya fisika. Para peneliti telah mengeksplorasi bagaimana metafora dapat membantu siswa memahami konsep-konsep fisika yang abstrak. Penelitian menunjukkan bahwa metafora dapat mempermudah proses belajar, tetapi hingga saat ini belum ada kesepakatan mengenai cara terbaik untuk memanfaatkan metafora dalam pembelajaran fisika secara efektif. Makalah ini bertujuan mengkaji potensi penggunaan metafora dalam pembelajaran fisika serta mendeskripsikan desain instruksional pembelajaran fisika dengan metafora. Penelitian ini merupakan studi literatur deskriptif yang bertujuan untuk merangkum temuan-temuan empiris dari berbagai penelitian sebelumnya terkait metafora dalam pembelajaran fisika. Data diperoleh dari sumber-sumber akademik terpercaya, seperti jurnal, prosiding seminar, dan buku. Pengumpulan data dilakukan melalui pencarian literatur menggunakan software Publish or Perish dengan database dari Google Scholar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa metafora memiliki potensi besar untuk meningkatkan keterhubungan antara teori ilmiah dan realitas yang dialami siswa. Metafora dapat membantu siswa memahami konsep-konsep sulit dengan cara yang lebih intuitif sehingga dapat memperkaya pengalaman belajar siswa melalui pendekatan yang kontekstual, komunikatif, dan bermakna. Desain instruksional pembelajaran fisika berbasis metafora biasanya mengintegrasikan empat strategi utama, yaitu pengenalan metafora secara eksplisit, pendekatan analogis dan naratif, pembelajaran aktif berbasis tubuh, serta penggunaan metafora yang disengaja dan reflektif.

Downloads

Published

2025-08-07

Issue

Section

Articles