TREN TOPIK ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA: ANALISIS BIBLIOMETRIK SATU DEKADE TERAKHIR
Keywords:
bibliometrik; etnosains; pembelajaran fisika; Scopus; VOSviewerAbstract
Teknologi memiliki peranan penting dalam pendidikan, akan tetapi penggunaannya perlu diimbangi dengan pembelajaran tradisional. Hal tersebut dikarenakan ketergantungan penuh pada teknologi juga menimbulkan dampak negatif, seperti siswa yang kecanduan bermain gadget. Selain itu, perkembangan teknologi yang tidak diimbangi oleh pemahaman mengenai budaya dan sejarah bangsa Indonesia juga akan melunturkan sikap nasionalisme siswa. Oleh sebab itu, diperlukan pembelajaran yang diintegrasikan pada budaya (etnosains), terutama pada pembelajaran fisika dengan memuat topik sains yang erat dalam kearifan budaya masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nama penulis, afiliasi, dan negara yang paling berkonstribusi, (2) menganalisis tren publikasi, dan (3) mengidentifikasi subjec area atau bidang keilmuan yang dominan pada penelitian etnosains dalam pembelajaran fisika selama satu dekade terakhir. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode bibliometrik. Analisis data menggunakan analisis hasil pada Scopus dan analisis VOSviewer. Penelitian ini menghasilkan data nama penulis, afiliasi, negara, bidang keilmuan, dan tren perkembangan publikasi etnosains dalam pembelajaran fisika selama satu dekade terakhir. Penelitian ini akan menjadi pertimbangan dalam penelitian selanjutnya yang memuat topik serupa.