PENGARUH TPACK DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KELAS MULTISUBJEK TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA DI LC LUMADAN BEUFORT SABAH MALAYSIA

Authors

  • Novian Fitri Nurani 1Sekolah Indonesia Kota Kinabalu-LC Lumadan Beufort,2Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sukaesih Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Novi Ratna Dewi Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Multisubjek; Partisipasi Belajar, TPACK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam pembelajaran berdiferensiasi pada kelas multisubjek terhadap partisipasi belajar siswa di LC Lumadan Beufort, Sabah, Malaysia. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui triangulasi data yaitu observasi dari guru, wawancara kepada sampel siswa dan refleksi di akhir kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TPACK dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar. Hal ini diperlihatkan melalui hasil pengamatan partisipasi belajar siswa baik secara verbal maupun non verbal. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan proyek ecoprint memberikan pengalaman baru serta mendorong siswa untuk berinovasi dan berkolaborasi. Selain itu, aspek ketepatan waktu dalam pengumpulan tugas juga menunjukkan tingkat partisipasi yang tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan TPACK dalam pembelajaran berdiferensiasi dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses belajar. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif dan menarik di kelas multisubjek.

Downloads

Published

2025-08-07

Issue

Section

Articles